Dragonica Emoticon Happy Tongue Degradasi Moral pada Remaja ~ Artikel Remaja

Rabu, 12 Juni 2013

Degradasi Moral pada Remaja

‘Modern’. Seperti apa modern ITU….???” Kebanyakan orang bilang Modern adalah Bertambahnya tingkat kemajuan Ilmu pengetahuan dan Teknologi yang semakin canggih. Lalu apa Kebebasan ITU….???” Kebanyakan orang bilang Kebebasan adalah Bebas dalam berekspresi, berkreasi dan menyatakan pendapat. Tapi,… kenapa modern dan kebebasan membuat kita terlepas akan aturan norma agama, kesopanan dan akhlak….??”
Padahal akhlak itu sangat penting. Rosul bersabda :
T “Kemuliaan orang adalah agamannya, harga dirinnya (kehormatannya) adalah akalnya, sedangkan ketinggian kedudukannya adalah akhlaknya. (HR. Ahmad dan Al Hakim)
T “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. (HR. Al Bazzar)


Massa Remaja merupakan saat-saat dimana mereka masih memahami dirinnya sendiri, berkaitan dengan aspek kognitif, aspek sikap dan tata nilai maupun aspek psikomotorik. Memahami keadaan diri sendiri meliputi hereditas, lingkungan dan saat datangnya kematangan.
Pada saat ini budaya barat sudah mulai masuk didalam kehidupan anak remaja dan sudah menjadi tradisi, teknologi dan alat modernpun juga sudah menjadi hidangan kesukaan, kebebasan juga menjadikan mereka tidak ada tekanan dan menjadikan kepuasan bisa terbang membentangkan sayap. Demikianlah bila kebodohan telah melanda kehidupan dan kebenaran tidak lagi menjadi tolak ukur. Dalam keadaan seperti ini setan tampil mengibarkan bendera dan menabuh genderang penyesatan dengan mengangkat cinta sebagai landasan bagi pembolehan terhadap segala firman.
Dengan adannya banyak penyebab seperti itu banyak anak remaja yang sudah tidak lagi mengenal akhlak dan kesopanan kepada masyarakat. Mereka lagi asyiknya balapan liar, tawuran antar pelajar yang baru-baru ini, membentuk genk Pank Rock, The Crips, PCC, The mungiki dll.
Lalu…” Apa ini yang dinamakan kemajuan suatu bangsa…??
“Tidak ada kemelaratan yang lebih parah dari kebodohan dan tidak ada harta (kekayaan) yang lebih bermanfaat dari kesempurnaan akal. Tidak ada kesendirian yang lebih terisolisir dari ujub (rasa angkuh) dan tidak ada tolong-menolong yang lebih kokoh dari musyawarah. Tidak ada kesempurnaan akal melebihi perencanaan (yang baik dan matang) dan tidak ada kedudukan yang lebih tinggi dari akhlak yang luhur. Tidak ada wara’ yang lebih baik dari menjaga diri (memelihara harga dan kehormatan diri), dan tidak ada ibadah yang lebih mengesankan dari tafakur (berpikir), serta tidak ada iman yang lebih sempurna dari sifat malu dan sabar (HR. Ibnu Majah dan Ath-Thabrani)
“Dari Ummu Habibah r.a. berkata bahwa Nabi Muhammad saw. Bersabda, “Telah ditunjukkan kepadaku apa-apa yang akan terjadi pada umatku. Mereka saling membunuh, sehingga aku bersedih karenannya; dan begitu jugalah umat-umat sebelum mereka. Maka aku memohon kepada Allah agar memberikan hak syafa’at kepada umatku pada hari kiamat, dan Allah agar memberikan hak syafa’at kepada umatku pada hari kiamat, dan Allah mengabulkannya.” (HR. Baihaqi, Hakim dsb)
Begitu pula tentang Cinta mereka sudah tidak mempunyai rasa malu memperlihatkan aksi pacarannya dimuka umum. Pada tempo dulu kalau pacaran sembunyi-sembunyi. Tapi saya melihat dijaman sekarang mereka tidak ada malu lagi. Mereka berjejer rapi disetiap naikkan tangga diMall-mall kota besar.
Rosul bersabda : “Kalau kamu sudah tidak punya malu lagi, lakukanlah apa yang kamu kehendaki. (HR.Al Bukhari).
Dari Abdullah bin Amr bin Ash r.a berkata bahwa Rosululloh saw. Bersabda” Ada sebagian dari umat ini yang akan masuk neraka dan tidak ada yang tahu berapa jumlahnya selain Allah, hal itu dikarenakan oleh kemaksiatan mereka kepada Allah, keberanian mereka untuk berbuat maksiat kepada Allah dan keluarnya mereka dari ketaatan kepada-Nya, tetapi kemudian aku diberi izin untuk memberi syafa’at, maka aku segera memuji-Nya sambil berdiri. Dan berilah syafa’at, engkau akan diberi [hak] syafa’at.” (HR. Ahmad. Syaikh al-Albani menshahihkan dalam Shahih at-Targhib wa at-Tarhib 3639)
Kenapa…, !!” wanita remaja sekarang kebanyakan hanya sebagai bahan untuk nafsu para lelaki, wanita remaja sekarang menjual kecantikannya.” Mereka tidak sadar bahwa itu dapat merendahkan harga dirinnya yang tidak bernilai hargannya.
Kenapa saya bilang begitu…, Karena wanita adalah makhluk Allah yang unik dan juga menarik karena peran seorang wanita ditengah komunitas sangatlah vital dan menjanjikan, lebih-lebih untuk wanita shalihah.
Rosul bersabda : “Dunia seluruhnya adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita shalihah.
Begitupula dengan pria remaja. Sebagian dari mereka menyombongkan dirinnya dengan bermodal ketampanan, kekayaan dan kegagahan untuk merayu dan menipu daya wanita agar tertangkap dalam jeratan setan.
Lalu pernahkah kita tahu tentang sebuah kisah nabi Yusuf. Dengan ketampanan dan kegagahan nabi yusuf semakin beranjak dewasa ketampanan nabi yusuf semakin menyolok kaum wanita. Zulaikhapun yang menjadi ibu tirinnya sendiri sampai tak tahan dan dikuasai nafsu syahwat.
Tapi, tak tergoda sedikitpun nabi yusuf untuk melakukan perbuatan (zina) seperti itu.
Nabi yusuf berdoa kepada Allah agar dirinnya ditetapkan iman dan tidak terpengaruh dengan godaan wanita-wanita itu. “ Ya Tuhanku, Sesungguhnya aku lebih rela dipenjarakan karena sekirannya berada diluar aku bimbang akan terpaksa menuruti hawa nafsu wanita-wanita itu. Lindungilah aku wahai Tuhanku daripada rayuan dan tipu daya mereka, “ucap Nabi Yusuf .


Dalam segi berpakaian juga saya melihat jaman sekarang pakaian atasnya berbentuk corak stratch color agak kedodoran (santai) dan pakaian bawah lebih ngetrend ke strict atau celana pensil. Mereka juga mengunakan bahasa alay dengan nada yang agak “lebay” dan itu dapat merusak kosakata KBBI. Padahal islam mengatakan jika ada seseorang menirukan kebiasaan umat lain maka dia merupakan golongan dari umat itu.


Dijaman seperti ini remaja sudah tidak lagi mengenal perkumpulan remaja masjid (REMAS) mereka lebih suka ngerumpi dijalanan, mereka tidak mengenal lagi perkumpulan dalam majelis Rosululloh justru mereka lebih senang dengan perkumpulan para fans idolannya seperti smash blast, kerabat kotak, virginity dan lainnya. anak remaja sekarang juga hafal sejarah, biografi para idolannya tapi anehnya tidak hafal sama sekali nasab dari Rosululloh. Padahal diakhirat nanti kita semua akan dikumpulkan bersama orang yang kita cintai. Mereka juga tidak lagi suka dengan mendengarkan pengajian dalam masjid para remaja lebih suka nonton bioskop atau pergi ke Bar, diskotik, dan tempat dugem lainnya. Lalu….’ Apakah ini yang dinamakan DUNIA REMAJA….??? Apa mungkin saya yang kelihatannya kuper dan tidak tahu menau ??” Kenapa masa-masa muda kita ketika kita masih sehat kita sia-siakan dengan manisnya DUNIA ??
Apa yang akan terjadi dimasa depan jika ribuan tempat-tempat kemaksiatan terus dibangun menjulang tinggi. Tergodakah kita dengan cahaya gemerlap manisnya DUNIA ??
Inilah akibatnya kita sudah dijajah oleh dunia barat dan orang-orang kafir dengan berbagai media dan tontonan sehingga kita terbuai didalamnnya dengan kesenangan dan kita lupa pada kewajiban kita, kesehatan kita, bahkan waktu menjadi tidak terasa.
Allah berfirman dalam surat Al’Asr : “Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh dan saling berpesan dengan kebenaran dan saling berpesan dengan kesabaran.
Dari ayat tadi marilah kita Intropeksi diri dan menangisi diri kita dari golongan apakah kita ??
Orang yang BERIMAN ataukah orang yang MERUGI ???”
Sesungguhnya kita telah dilalaikan oleh kemewahan hingga kita masuk ke liang kubur, padahal kita mengetahui dengan pengetahuan yang yakin dan kita nanti benar-benar akan melihatnya dengan ainul yakin dan kemudian pada hari itu niscaya benar-benar akan ditannya tentang kenikmatan (apa yang diterima ketika didunia)
Perlu kita ketahui bahwa Allah akan membalas kepada golongan remaja yang menyebarkan ilmu dan mengajarkannya berarti dia telah meneruskan perjuangan Rosululloh dan Allah akan membalas seperti sebagian pahala dari rosul – rosul utusan Allah, Begitupula dengan remaja yang tidak mengikuti perkembangan modern maka Allah akan meninggikan derajatnya martabatnya seperti malaikat. Dan masih banyak lagi golongan remaja yang nantinya dihari akhir akan dibalas kebaikan dan ketakwaannya oleh Allah. Karena sesungguhnya sangatlah luas rakhmat yang diberikan oleh Allah kepada kita semua.


“ISLAM” berbicara soal islam dalam negeri kita. Kenapa ISLAM ini hanya dijadikan sebagai Landasan Kebangsaan dan status pada diri setiap orang. “Kenapa… ISLAM berada dilembah sana sedangkan umatnya berada dilembah lain. Kenapa…. Kaidah dan ajaran dalam ISLAM tidak kita gunakan…?? Padahal ISLAM sudah mengajarkan kepada kita secara menyeluruh dan kompleks.. Inilah yang menyebabkan Negara kita hancur dan akibatnya kita terpengaruh oleh dunia barat yang ujung-ujungnya akan terkena pada anak remaja yang masih lemah akan ajaran agama.
Sungguh kita telah mengecewakan hati Rosululloh .” betapa banyak darah para muslimin yang tercecer untuk membela Agama Islam.
“Pada saat ini dimana arus informasi tidak dapat kita bendung dan nyaris merambah tanpa batas maka kita tidak bisa sepenuhnya terisolasi dari pengaruh perkembangan teknologi dan informasi. Sehingga ada hal-hal yang bersifat global yang harus kita amati aspek pengaruh perkembangannya dalam dunia pendidikan.
Tapi…’ apakah semua teori dan temuan ilmiah harus kita ikuti?? Atau menunggu sampai teori modern itu terbukti kesalahannya sekian tahun mendatang ?? Yang kita perlukan adalah menguji apakah teori itu sesuai dengan Al- Qur’an dan Sunnah, jadi penakarannya adalah dua sumber tersebut karena Al-Qur’an dan Hadist pasti benar dan telah teruji dalam rentang sejarah yang panjang cara itulah agar kita sebagai remaja tidak sampai terjerumus oleh kerusakan perkembangan jaman. Itulah sekilas pengetahuan saya mengenai remaja.. Saya sebagai siswa biasa hanya bisa lewat tulisan ini saja… Mudah-mudahan kita semua termasuk Pemuda-pemudi yang mencintai baginda Rosululloh, yang menjalankan syari’at Rosululloh yang telah luntur, menghidupkan amalan Nabi, dan meniru akhlak dan budi pekerti nabi. Oleh karena itu jangan sampai kita menyia-nyiakan masa remaja. Karena masa remaja merupakan masa berlian yang harus kita gunakan dengan baik kita harus meninggalkan segala kecintaan kita kepada dunia dan meninggalkan hal-hal yang tidak berguna. Dan mudah-mudahan kita termasuk golongan orang yang dicintai oleh baginda Rosululloh dan mendapatkan rahmat dari Allah...

0 komentar:

Posting Komentar